16th Birthday Gag Gift: 6x9 Notebook, Lined, 110 Pages, funny and original present for teen b

16th Birthday Gag Gift: 6x9 Notebook, Lined, 110 Pages, funny and original present for teen b

Ekonomi Indonesia akan memperoleh keuntungan apabila menjual tenaga kerja ke Arab Saudi, sebaliknya Arab Saudi pasti memeroleh keuntungan apabila menjual kurma ke Indonesia. Hal tersebut sesuai teori

Indonesia akan memperoleh keuntungan apabila menjual tenaga kerja ke Arab Saudi, sebaliknya Arab Saudi pasti memeroleh keuntungan apabila menjual kurma ke Indonesia. Hal tersebut sesuai teori

Hubungan antar dua negara yang saling menguntungkan merupakan kerjasama internasional. Kerjasama internasional ini sesuai dengan teori simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan.

Pembahasan:

Interaksi antara organisme yang satu dengan organisme yang lain disebut dengan simbiosis. Ada banyak simbiosis dalam kehidupan,  baik  manusia, hewan maupun tumbuhan.

Secara keseluruhan, ada tiga jenis simbiosis yang sering kita jumpai dalam kehidupan. Ketiga simbiosis tersebut adalah simbiosis mutualisme, simbiosis, dan simbiosis parasit. Berikut ketiga jenis simbiosis:

  • Simbiosis-Mutualisme

Simbiosis-Mutualisme adalah hubungan antara dua jenis organisme yang berbeda tetapi saling menguntungkan. Hubungan ini sangat positif karena kedua belah pihak akan diuntungkan. Contoh adalah kupu-kupu dan bunga. Kupu-kupu menghisap nektar yang terdapat pada bunga, namun umpan baliknya adalah bunga mendapat bantuan dari gerakan kupu-kupu untuk penyerbukan.

  • Simbiosis komensalisme

Simbiosis komensal adalah  interaksi antara dua organisme yang menguntungkan  satu  organisme  dan tidak merugikan atau menguntungkan yang lain (netral). Simbiosis komensal terjadi, misalnya pada ikan remora dan  hiu. Setelah hiu makan, sisa makanan biasanya jatuh. Ketika sisa makanan jatuh,  remora  menempel pada hiu dan mengeluarkan sisa makanan dari hiu. Hiu tidak dirugikan atau diuntungkan.

  • Simbiosis parasitisme

Simbiosis  terakhir sangat tidak disukai. Alasan untuk ini adalah bahwa simbiosis parasit adalah kebalikan dari simbiosis komensal. Parasitisme-Simbiosis adalah ketergantungan yang terjadi ketika satu pihak diuntungkan tetapi merugikan pihak lain.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang simbiosis: https://brainly.co.id/tugas/4711956

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

[answer.2.content]